Jumat, 23 Oktober 2009

Taukah anda apa itu data.
Data adalah raw material atau dalam bahasa Indonesia kita artikan sebagai bahan mentah yang di peroleh dari rekaman fakta yang bisa diproses untuk menjadi informasi, sehingga menghasilkan data yang logis yang bisa ditemukan dimana saja dan kapan saja serta dapat digunakan melalui media tulisan,gambar dan bunyi.
Nah kita dah tahu pa itu data ,, sekarang kita cari tahu pa perbedaan data dan imformasi yukks..
Dari teks diatas kita dah tahu bahwa data itu kan infutan yang diproses tuk jadi informasi, sedangkan informasi adalah output data yang telah diproses.
Sekarang kita dah tahu apa itu data & perbedaan data sama informasi , udah saatnya kita beranjak ke basis data.
Basis data adalah kumpulan dari beberapa data yang saling berhubungan satu sama lain yang tersimpan dalam perangkat keras dan dimanipulasi oleh perangkat lunak.
Apasih manipulasi ??? pasti itu yang terlintas di benak kita.
Pengertian manipulasi itu tersendiri dapat diartikan sebagai merkayas atau lebih sempitnya bisa diartikan mengorganisasikan,menyimpan,merubah, dan mengambil kembali.
Sebagai contohnya adalah kontack list dalam handphone yang sering kita gunakan buat nyimpen nomor telpon, nama biar gak ktuker, alamat email, dan kadang juga dilengkapi dengan foto.
Contoh lainnya adalah daftaran harga di minimarket yang berisi beberapa malah banyak data seperti nama barang, harga dan macam-macam jenis barang serta macam-macam ukuran barang.

Data udah tahu, perbedaan data ma informasi juga malah karang kita dah tahu pa itu basis data,, apalagi yahhh ???..
Pertanyaan itu terjawab dengan adanya materi baru yaitu management system basis data atau sering dikenal dengan DBMS.
Sebelum kita tahu atau sama sekali belum pernah belajar atau Cuma sering denger doanx tanpa mau tahu apa artinya kita pasti bingung banget apa itu DBMS..??

Management system basis data atau DBMS adlah perangkat lunak yang berfungsi mengorganisasi,menyimpan,merubah,dan mengambil kembali data.
Banyak banget macam-macam management basis data yang ada, diantaranya adalah :






1.Microsoft acsess
Management system basis data ini di populerkan oleh
Ms.Cooperation. kelebihan DBMS ini adalah sangat popular & familiar , selain itu kelebihan Microsoft acsess bagi programmer adalah kompabilitasnya terhadap SQL yang relative tinggi.
Namun didunia ini setiap ada kelebihan pasti ada kekurangannya, seperti halnya DBMS yang satu ini kekurangannya adalah jika digunakan multiuser (banyak pengguna) padahal seharusnya singleuser akan mengurangi kecepatan aksesnya.

2.My SQL
Management system basis data ini memiliki kelebihan yang berbeda dengan yang lainnya , yaitu tersedia dalam versi gratis, selain itu menggunakan web server apache dan bahasa pemrograman php, serta memiliki system clustering & mirroring.
Namun kekuranngannya adalah tidak menyediakan fasilitas GUI yang dapat digunakan oleh pengguna untuk berkomunikasi dengan basis data.

3.Microsoft SQL server.
4.Oracle.
5.db2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar